End User Training (EUT) SAKTI 2021 Pada Kanwil Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, Selasa(2/11) mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II dalam memberikan pelatihan End User Training (EUT) SAKTI.

Peserta kegiatan sebanyak 45 Operator keuangan dari 15 Satker Kemenkumham Wilayah kerja KPPN Makassar II. Acara diselenggarakan di Aula Kanwil Senin ( 1/11).

Ketika membuka acara, Kakanwil Harun mengatakan SAKTI adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi yang digunakan sebagai sarana bagi satuan kerja dalam mendukung implementasi SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahap perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Sebelum adanya SAKTI, ada banyak aplikasi yang digunakan satuan kerja pengelola APBN. Aplikasi tersebut saling berkaitan namun belum terintegrasi sehingga masih diperlukan pengiriman data antar aplikasi menggunakan ADK (Arsip data komputer).

Dengan adanya aplikasi SAKTI terjadi penyederhanaan dalam satu aplikasi sehingga mempermudah dalam pengelolaan perbendaharaan.

Lebih lanjut Harun mengatakan bahwa pelatihan aplikasi SAKTI ini dimaksudkan agar setiap peserta yang merupakan user/operator perbendaharaan dapat memiliki pengalaman dalam mengoperasikan aplikasi SAKTI secara penuh pada tahun 2022 mendatang.

Harun mengungkapkan bahwa pada tahun 2020, Kanwil Sulsel meraih peringkat pertama IKPA (indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran ) antar kanwil se-Indonesia. Untuk itu, Harun berpesan kepada peserta agar dapat mempertahankan IKPA seperti tahun lalu.

  • Bagikan