Capaian Vaksinasi untuk Lansia Masih Rendah, Respons Wali Kota Pare-pare: Dibutuhkan Pendekatan Edukasi

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin covid-19

FAJAR.CO.ID,PAREPARE -- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memberikan perhatian khusus untuk lansia dan pra lansia. Lantaran capaian vaksinasi kelompok ini masih rendah.

Taufan menargetkan, akhir November ini vaksinasi lansia dan pra lansia bisa mencapai angka 60 hingga 70 persen.

"Lansia dan pra lansia adalah kelompok masyarakat yang sangat resisten terhadap virus korona. Jika terkonfirmasi, mereka bisa dalam bahaya," jelas Taufan, Selasa, 16 November.

Diketahui, capaian dosis satu lansia baru mancapai 6.019 jiwa atau 21 persen. Sementara dosis dua di angka 18 persen atau 5.150 jiwa.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini pun meminta Dinas Kesehatan Parepare mendatangi rumah para lansia. "Door to door lah. Karena tidak menutup kemungkinan memang ada lansia yang tidak mampu. Ada juga yang takut jarum suntik. Jadi dibutuhkan pendekatan-pendekatan edukasi dan informasi," paparnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Rahmawaty Natsier menyampaikan, saat ini pihaknya masih terus aktif bekerja sama dengan RT/RW hingga kecamatan untuk melakukan pendataan vaksinasi.

Ia mengakui, selain masyarakat yang memang secara sukarela untuk vaksinasi, ada sejumlah masyarakat juga belum mau menerima vaksin Covid-19.

"Kami terus optimalkan untuk vaksinasi bagi semua kelompok usia, termasuk lansia dan pra lansia. Ini mereka memang butuh pendekatan khusus," bebernya. (asri)

  • Bagikan