Soal Penanggulangan Bencana, Indah: Kolaborasi Adalah Kunci Utama

  • Bagikan

Pada kesempatan tersebut, Indah juga mengingatkan pentingnya menyiapkan titik evakuasi.

“Dalam masa tanggap darurat, kita fokus pada evakuasi dan penyelamatan. Siapkan titik evakuasi agar masyarakat tahu harus berbuat apa dan lari kemana. Sebab target utamanya adalah victim zero atau tidak ada korban jiwa. Itulah pentingnya kolaborasi, ketangguhan harus kita ciptakan, harus kita bentuk, dan kegiatan seperti ini harus diperbanyak, kalau bisa tidak hanya melibatkan anggota tapi juga masyarakat. Sebab yang paling pertama kita kuatkan dalam menghadapi bencana adalah masyarakat itu sendiri yakni dengan mendorong adaptasi dan mitigasi,” jelas mantan Dosen Universitas Indonesia ini.

Senada, Kolonel Arh Erphis Rudy selaku Kepala Staf Korem 141/Toddopuli menuturkan persamaan persepsi perlu dilakukan dalam penanggulangan bencana.

“Pelatihan ini untuk mengunci rencana yang sudah ada terkait pra bencana, saat bencana, dan setelah bencana itu terjadi. Tidak banyak kepala daerah seperti ibu bupati yang paham dalam hal penanggulangan bencana. Tadi beliau sudah memaparkan apa-apa yang harus dilakukan. Nah kalau ini disinergikan dan kolaborasikan pasti kita bisa mengurangi risiko bencana,” pungkas Kolonel Arh Erphis Rudy.

Diketahui sebelum menjadi narasumber, Indah juga menghadiri Apel Latihan Penanggulangan Bencana di Lapangan Pancasila. Hadir juga Sekretaris Daerah Kota Palopo dan Dandim 1403 Sawerigading. (Rls)

  • Bagikan