Pj Bupati Sinjai Ikuti Upacara Peringatan Hari Otoda XXVVIII di Surabaya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Pj. Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah mengikuti upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII Tahun 2024 yang digelar di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Kamis (24/4/2024) pagi.

T.R. Fahsul Falah tampak hadir bersama para Bupati, Wali Kota, hingga Gubernur se-Indonesia pada acara yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut.

Mendagri Tito Karnavian yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam arahannya menyampaikan peringatan Hari Otda tahun ini mengangkat tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat’.

“Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan SDM dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” katanya.

Menurut Mendagri, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

“Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani.

  • Bagikan