Buka Webinar Mitigasi Kebencanaan dan Kegawatdaruratan Medis Sulsel, Ini Pesan Sekprov

  • Bagikan
Abdul Hayat Gani

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, menghadiri acara webinar Mitigasi Kebencanaan dan Kegawatdaruratan Medis Sulawesi Selatan Tahun 2022, yang berlangsung secara virtual zoom meeting, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu, 29 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Abdul Hayat menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel, ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Jaringan Peduli Kesehatan (JAPIK) Indonesia bekerjasama dengan Relawan Andi Amran Sulaiman (RAAS) Indonesia dan kontributor lainnya, yang telah mengupayakan kegiatan ini sebagai bagian dari bentuk kepedulian dan perhatian terhadap upaya mitigasi. Khususnya dalam kebencanaan dan kegawadaruratan medis di Sulsel.

Mitigasi kebencanaan dan kegawatdaruratan medis, merupakan suatu program yang sejalan dengan harapan dan tujuan Pemerintah Provinsi Sulsel dalam upaya terus menerus mendorong pihak terkait, untuk ikut bersama-sama mengambil bagian dalam upaya peningkatan layanan kesehatan.

"Hal ini tentu tidak terlepas dari besarnya tuntutan dan ekspektasi masyarakat terhadap layanan pemerintah atau pihak terkait untuk menyiapkan banyak hal jika terjadi bencana atau kegawatdaruratan," ucap Abdul Hayat.

Untuk itu, tahapan mulai dari upaya kesiapsiagaan, tanggap darurat hingga tahap rehabilitasi dan konstruksi, perlu dipahami dan disiapkan dengan baik. Demikian pula dengan keseluruhan tahapan penanggulangan bencana. Mulai dari manajemen risiko bencana, manajemen kedaruratan, hingga manajemen pemulihan juga perlu dilakukan dengan konsep dan pelatihan yang baik dalam satu sistem yang terpadu dan terorganisir.

  • Bagikan