Tak Ingin Melihat Warganya Kesulitan Akses Faskes, Bupati ASA Gagas Program Pro Rakyat

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) telah menggagas sejumlah program pro rakyat di bidang kesehatan. Hal itu dilakukan karena pemilik kursi 01 Pemkab Sinjai itu tak ingin melihat warganya mengakses fasilitas kesehatan.

Baik orang miskin maupun orang kaya jika mengalami gangguan kesehatan tak perlu khawatir. Sebab Pemkab Sinjai telah menyiapkan layanan kesehatan gratis untuk warganya.

Bahkan, upaya keras Bupati lulusan Magister Monash University Australia itu untuk melayani hak dasar kesehatan masyarakatnya tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan.

Program Home Care dan Home Visit misalnya. Layanan kesehatan door to door atau mengunjungi langsung rumah-rumah itu manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat hingga pelosok.

Bukan hanya itu, Pemkab Sinjai juga menghadirkan 16 dokter yang merupakan tenaga kesehatan di setiap Puskesmas di Kabupaten Sinjai guna melayani masyarakat selama 24 jam. Bahkan, siap mengunjungi rumah masyarakat jika dibutuhkan.

"Kami hadirkan program ini karena saya tidak ingin mendengar dan melihat ada warga Sinjai repot mendapat pelayanan kesehatan, makanya sejak pertama kami menjabat langsung tancap gas ini sangat dibutuhkan," beber ASA.

Selain itu, tenaga kesehatan yang disiapkan oleh Pemerintah merupakan dokter yang memiliki SIP dan STR aktif serta berpengalaman dalam memberikan layanan home care dan home visit.

"Pemerintah akan melakukan pemeriksaan, memberikan diagnosis dan tindakan medis (jika diperlukan), serta memberikan resep obat. Keseluruhan prosedur dokter tersebut dilakukan langsung di rumah atau lokasi anda sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku," tambahnya.

  • Bagikan