Mahfud MD Sebut Tidak Ada Kondisi Mencekam di Desa Wadas, Tidak Percaya Boleh ke Sana

  • Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklaim tidak ada kondisi mencekam di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Dia mengklaim kondisi di sana sudah kondusif.

“Semua informasi dan pemberitaan yang menggambarkan seakan-akan terjadi suasana mencekam di desa Wadas pada hari Senin kemarin, itu sama sekali tidak terjadi sebagaimana yang digambarkan,” kata Mahfud dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (9/2).

“Terutama di media sosial, karena Wadas Itu dalam keadaan tenang dan damai terutama sekarang ini, yang tidak percaya boleh ke sana siapa saja itu terbuka tempat itu,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Mahfud, sejumlah warga yang sempat diamankan oleh aparat dipastikan sudah dibebaskan. Dia mengklaim tidak ada satupun warga yang mengalami kekerasan.

“Sama sekali tidak ada korban atau penistaan atau penyiksaan. Selanjutnya pada proses pengamanan kemarin memang sempat terjadi gesekan di lapangan tetapi gesekan itu hanya ekses dari kerumunan warga sendiri yang terlibat pro kontra,” pungkasnya.

Diketahui, Polda Jawa Tengah menjaga ketat area konflik pembangunan Waduk Bener, di Desa Wadas, Purworejo. Hal ini menyusul masih adanya penolakan dari sejumlah warga terhadap upaya ganti rugi atas pembebasan lahan.

Kabid Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, pihaknya mengerahkan ratusan personel gabungan untuk menjaga lokasi. “Kalau gabungan ada sekitar 300an personel,” ucapnya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (8/2).

  • Bagikan