Bupati ASA Hadiri Panen Perdana Program Kampung Kentang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI, - Petani kentang di Dusun Tassoso, Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, melakukan panen perdana, Kamis siang (10/02/2022)

Panen perdana ini dimulai oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, H Kamaruddin serta unsur Tripika Kecamatan Sinjai Barat.

Komoditi kentang yang dipanen Bupati ASA bersama dengan petani di daerah itu adalah program "Kampung Kentang" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai yang difasilitasi kementerian pertanian (Kementan) di tahun 2021 lalu.

Usai panen perdana, Bupati ASA merasa senang dan gembira, sebab hasil bantuan benih yang diberikan kepada petani di Desa Gunung Perak seluas 10 hektare, kini telah membuahkan hasil.

"Saya bersyukur karena bantuan benih yang kita berikan kepada petani sudah membuahkan hasil, artinya potensi komoditi kentang di kampung kentang ini bisa kita lihat," katanya.

Pengembangan komoditi kentang jenis varietas Granola L di daerah ini sangat menjanjikan, kata dia, pasalnya hasil panen kentang perdana yang dihasilkan dalam luas lahan satu hektare bisa mencapai 17 - 23 ton.

Olehnya itu, kedepan Bupati ASA berharap agar kebutuhan benih unggul dapat segera terpenuhi untuk pengembangan komoditi kentang di Sinjai Barat. Mengingat luas lahan untuk pengembangan komoditi ini sekitar 70 - 100 hektare.

"Petani kita masih membutuhkan benih unggul sehingga potensi lahan yang ada di sini bisa terpenuhi untuk pengembangan kentang. Saya sudah perintahkan pak Kadis bisa cepat berkoordinasi dengan petani yang ada untuk mempersiapkan data-datanya, terutama CPCL-nya (Calon Penerima, Calon Lokasi) sehingga kami bisa berkoordinasi dengan Kementerian," jelasnya.

  • Bagikan