Ustaz Das’ad: Jangan Permalukan Orang yang Berhutang, Bantu Dia dan Ikhlaskan!

  • Bagikan
Ust. Das'ad Latif

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Di antara ribuan orang kaya di dalam sebuah kota, tentu ada orang di kota itu yang taraf ekonominya masih tertinggal. Tak tanggung, bila terdesak, orang yang kesulitan ekonomi itu akan butuh bantuan orang yang kaya raya itu.

Penceramah Ustaz Das'ad Latif, mengatakan, bila ada seseorang yang datang ke rumah anda untuk meminjam uang, berilah sesuai keikhlasan anda meskipun anda tak yakin hutang itu tak akan mungkin ia bayar.

Karena bila ia pulang dengan tangan kosong dari rumah anda, lanjut Das'ad, orang itu akan merasa malu dan semakin terjerat dengan himpitan ekonomi.

"Kalau ada orang datang ke rumah anda, mengucapkan saya itu berat. Jangan sampai dia kasihan pulang, sudah malu, tidak bawa lagi pertolongan," kata Das'ad dikutip dari ceramahnya di kanal YouTube Das'ad Latif.

"Kalau ada orang datang ke rumah dan kita yakin tidak bisa bayar itu hutang Rp10 juta, paling tidak jangan permalukan dia. Hargai," sambung penceramah jenaka asal Sulawesi ini.

Sedangkan yang berhutang, Das'ad mengingatkan agar membayar hutang itu. Meski anda tahu orang yang telah meminjamkan anda uang adalah orang kaya, anda tetap bayar karena itu kewajiban anda dan akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat bila tak dibayar.

"Kalau dia minta satu juta dan bapak pikir dia tak mungkin bisa hutang ini, karena ada juga itu pak hobi hutang dan hobi tak bayar hutang," jelasnya.

"Ah! masa saya harus bayar hutang padahal dia miliarder? Bayar. Ah, masa GM menagih? Bayar!," tandas dia. (Ishak/fajar)

  • Bagikan