Harap Konflik Rusia-Ukraina Disetop, Gubernur Ridwan Kamil: Beranikan Dialog Cari Solusi

  • Bagikan
Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyebut dunia saat ini sedang tidak baik, pasca negara Rusia melancarkan sejumlah serangan bertubi-tubi kepada Ukraina sejak beberapa hari terakhir.

Dari peperangan itu, Ridwan menganggap perang dunia ke tiga bisa saja pecah, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda sejumlah negara di dunia.

"Dan itu terjadi di jaman kita hari ini. Perang Rusia-Ukraina yang baru dimulai, bisa saja menuju perang dunia ke-3. Berdampingan dengan Pandemi Covid yang mendampaki hidup kita secara berkepanjangan," tulis Ridwan di unggahan Instagramnya, Jumat (25/2/2022).

Ridwan mencontohkan, ada salah satu negara yang harus bubar akibat peperangan yang tak kunjung usai. Dia pun berharap peperangan ini tak berlarut dan segara dihentikan.

"Negara bisa bubar oleh sebuah perang. Bisa bubar karena perang antar negara, bisa juga bubar karena perang saudara seperti yang terjadi di Yugoslavia. Sebuah negara yang sudah bubar karena suku2 bangsanya yang selalu bertengkar, berperang dan tidak bisa bersatu," tambahnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini pun mendesak pemerintah agar eksis dalam melerai konflik kedua negara. Apalagi Indonesia adalah negara sahabat Rusia, yang diharapkan bisa tenangkan pemimpin negara itu, Vladimir Putin.

"INDONESIA rumah kita harus tetap eksis dan harus menjadi negara maju adil makmur. Syarat pertama mimpi itu adalah hadirnya perdamaian dan kondusivitas sosial politik dalam keseharian kita," jelas dia.

"Kurangi pertengkaran dari hal terkecil. Jika ada perbedaan, jadikan perbedaan itu sebagai kekayaan dari keragaman, bukan melihat perbedaan sebagai sumber kebencian," tambah Ridwan.

  • Bagikan