Kemenpan RB Masih Godok Rencana Pemindahan ASN ke IKN Nusantara

  • Bagikan
ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) masih menggodok rencana pemindahan ASN ke ibu kota baru di Penajam Paser, Kalimantan Timur. Salah satu aspek yang dipertimbangkan yakni tunjangan di luar gaji.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan, saat ini masih dibahas ASN yang dipindah apakah akan diboyong bersama keluarganya atau tidak. Sehingga perlu pembahasan tunjangan maupun sarana prasarana yang memadai.

’’Hal-hal tersebut yang perlu dibahas dan disinkronkan dengan berbagai instansi terkait dengan rencana skenario pemindahan ASN ke IKN Nusantara,” ujar Alex kepada wartawan, Jumat (4/3).

Alex menambahkan, saat ini pihaknya tengah menyusun regulasi mengenai tunjangan bagi ASN yang akan dipindah tugaskan ke IKN Nusantara. Namun, berapa besarannya masih belum diputuskan.

“Tergantung berapa banyak juga kebutuhan untuk di sana. Bisa berupa (tunjangan) transportasi. Kalau di korporasi misalnya tunjangan kemahalan, tunjangan khusus daerah tertentu, dan lain-lain. Nama dan besarannya masih belum bisa kita sampaikan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, visi IKN baru adalah sebagai kota dunia untuk semua dan juga sebagai simbol identitas bangsa yang modern dan berstandar internasional. IKN baru dibangun dan dikelola dengan tujuan untuk menjadi kota paling berkelanjutan di dunia, sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, serta menjadi simbol identitas nasional.

Mengacu pada visi tersebut, konsep kelembagaan dan tata kelola pemerintahan di IKN berlandaskan pada smart governance yang menghasilkan tata kelola pemerintahan yang efisien, efektif, dan kolaboratif.

  • Bagikan