Mendag Sebut Puluhan Juta Liter Minyak Goreng di Jakarta, Medan, dan Surabaya Lenyap di Pasaran

  • Bagikan
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan inspeksi mendadak kepada pedagang sembako di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/3/2022). Sidak ini memastikan ketersediaan minyak goreng dan sembako untuk di pasar tradisional menjelang bulan Ramadan. Adapun, saat ini harga minyak goreng sudah terlepas dari Harga Eceran Tertinggi (HET) atau telah menggunakan mekanisme pasar. harga minyak goreng kemasan saat ini dijual dengan Rp 40.000 dengan ukuran 2 liter. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

Mendag mengatakan telah melaporkan temuan ini kepada Satgas Pangan untuk ditelusuri lebih lanjut. “Ini memang tidak bisa dikesampingkan sifat dari manusia yang rakus dan jahat. Oleh sebab itu di kemudian hari saya mintakan pada Satgas Pangan untuk melawan orang-orang mafia yang rakus dan jahat ini, kita mesti lawan bersama-sama,” kata Mendag.

Saat ini pemerintah memutuskan untuk mencabut kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng dan mengembalikan harganya pada mekanisme pasar. Namun pemerintah memutuskan untuk menyubsidi harga minyak goreng curah agar bisa dijual seharga Rp14 ribu per liter di tingkat masyarakat, sementara minyak goreng kemasan sederhana dan premium disesuaikan pada harga pasar. (jpg/fajar)

  • Bagikan