Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Bupati ASA Lakukan Inovasi Ini

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pelayanan bidang kesehatan menjadi salah satu sektor yang diprioritaskan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA). Berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati ASA dalam rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) pemerintahan tahun 2021 di ruang rapat DPRD Sinjai, Kamis (7/4/2022)

Menurut Bupati ASA, di tahun 2021 khusus bidang kesehatan telah dijabarkan dalam lima program dengan 11 kegiatan yang terdiri dari 48 sub kegiatan baik di Dinas Kesehatan (Dinkes) maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

"Pelaksanaan urusan kesehatan ini tidak lain ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan penguatan kualitas layanan kesehatan dengan dukungan fasilitas yang ada," ucap Bupati ASA dihadapan para pimpinan dan anggota DPRD Sinjai.

Adapun indikator capaian pembangunan kesehatan tahun 2021 yang dimaksud adalah pembangunan 1 unit rumah sakit tipe D yang berlokasi di Desa Alenangka Sinjai Selatan, rehab pembangunan Puskesmas sebanyak 3 unit yakni Aska, Manimpahoi dan Manipi, pembangunan rumah dinas kesehatan sebanyak 4 unit.

Selanjutnya tersedianya layanan kesehatan untuk UKM dan UKP di 16 Puskesmas, terlaksananya pengadaan Alkes, obat, vaksin distribusi alkes, bahan medis habis Pakai, pelayanan kesehatan ibu hamil, pembangunan gedung ICU unit pada RSUD. Tersedianya prasarana dan pendukung fasilitas pelayanan kesehatan berupa 1 paket Instalasi air bersih, 1 paket IPAL dan 2 unit ambulans.

  • Bagikan