Mudik Lintas Pulau, Ini Tips Aman dan Murah dari Manajer PT DLU Cabang Makassar

  • Bagikan
Manager PT DLU Cabang Makassar, Budiono

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kebijakan pemerintah yang mengizinkan masyarakat mudik lebaran 2022 diprediksi akan memberikan dampak pada sektor jasa transportasi.

Manajer PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Makassar, Budiono mengatakan salah satu moda transportasi yang akan ramai dipakai masyarakat ada kapal laut.

Terutama mereka yang ingin mudik lintas pulau. Khusus pemudik dari Sulawesi Selatan, Budiono bilang kebanyakan akan pulang kampung ke Jawa, seperti ke Kota Surabaya.

Mudik di tengah pandemi Covid-19, kata Budiono menjadi tantangan bagi penyedia jasa transportasi dan calon penumpang.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menyambut arus mudik lebaran 2022.

“Kapal-kapal kami siap untuk arus mudik, sudah pengecekan oleh Syahbandar, termasuk pengecekan dari Jakarta langsung,” kata Budiono di Makassar, Minggu (10/4/2022).

Budiono menekankan pihaknya mengutamakan protokol kesehatan dalam arus mudik tahun ini.

Budiono pun memberikan tips bagi calon penumpang yang ingin memakai jasa kapal miliknya. Dia menyarakan menggunakan mobil pribadi, terlebih jika mudik dilakukan secara rombongan.

"Lebih aman dan murah pakai mobil, kapal kita punya kapasitas 20 persen untuk angkutan. Bisa sampai 40 unit mobil pribadi," sebutnya.

Dengan menggunakan mobil pribadi, Budiono menyebut penumpang akan lebih aman dari penyebaran Virus Corona. Bahkan bisa menghemat biaya perjalanan.

"Pemudik tak perlu repot mencari angkutan bus atau kendaraan lagi jika sampai di kota tujuan," jelasnya.

Khusus rute Makassar-Surabaya (PP), pihaknya memberikan tawaran Rp3,5-4 juta untuk satu unit mobil. Harga itu belum termasuk tiket untuk masing-masing penumpang.

  • Bagikan