Cegah Stunting Di Takalar, Warga Diajak Menanam di Pekarangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Percepatan penurunan stunting di Kabupaten Takalar, kini semakin di galakkan. Salah satunya melalui pergerakan ekonomi.

Diantaranya memberdayakan masyakat desa dengan melatih membuat usaha, maupun memanfaatkan potensi laut atau hasil panen di Takalar. Tak hanya itu, masyarakat juga diajak bisa melakukan penghematan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi mengatakan penghematan ekonomi keluarga dapat dilakukan dengan menanami pekarangan rumah berbagai macam sayur dan buah.

Ditambah lagi, Takalar juga punya wilayah laut, jadi masyarakat juga dapat melakukan budidaya ikan. Hal tersebut dapat dikomsumsi untuk memenuhi gizi kesehatan keluarga sehingga terhindar dari stunting

"Tak akan ada stunting kalau keluarga bisa menciptakan keluarga berkualitas mampu membahagiakan dan menjamin kesehatan keluarga dengan memberikan makanan yang sehat," ucapnya.

Kata Hasbi, ekonomi keluarga menjadi pondasi dalam menciptakan keluarga bahagia. Dengan ekonomi keluarga maka model keluarga berkualitas dapat tercipta.

"Manejemen ekonomi keluarga kita harus ditata. Jangan mengikuti selera sehingga kita lebih memilih berutang demi memenuhi gaya hidup mewah. Hal ini dapat merusak tatanan ekonomi keluarga kita," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar Rahmawati mengakui  jika seluruh stakeholder merupakan kemitraan dari dinas KB.

Semua harus mengambil peran dalam penurunan angka stunting di Takalar dengan membuat program yang dapat menurunkan angka stunting.

  • Bagikan