Mengenal Sosok Prof Batara Surya, Ilmuwan Dunia yang Kini Pimpin Unibos

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si, Direktur Pascasarjana Universitas Bosowa pada periode 2018-2022 kini terpilih untuk memimpin Universitas Bosowa (Unibos).
Prof Batara Surya dilantik menjadi Rektor Unibos pada 18 April 2022 pekan lalu di Gedung Lestari, Jalan Urip Sumoharjo km.4 Makassar.

Sosok Prof Batara Surya yang menjadi idaman bagi civitas akademika Unibos juga merupakan Top 2% Scientist in the World: Single Year Impact 2020-2021.

Prof Batara Surya berhasil dinobatkan sebagai top 2% ilmuwan teratas berpengaruh di dunia tahun 2021 berdasarkan data lebih dari 100 ribu saintis terbaik. Pada pemeringkatan tersebut, para peneliti digolongkan dalam 22 bidang dan 176 sub bidang keilmuan. Pemeringkatan itu dipublikasikan pada publikasi ilmiah berjudul Data for Updated Science-Wide Author Databases of Standardized Citation Indicators. Prof Batara Surya juga memiliki jurnal internasional terindeks scopus sebanyak 35 karya ilmiah.

Menurutnya, inspirasi untuk menulis karya ilmiah ini karena beberapa faktor. “saya berpikir kalau saya tidak memulai, lalu siapa yang akan mulai?. Kedua, sudah waktunya Unibos mengambil peran penting untuk menunjukan bahwa dosen juga memiliki potensi untuk berkarya yang lebih baik. Dari hasil capaian ini semoga dapat memberikan semangat kepada para dosen bahwa sebenarnya alumni Unibos itu juga bisa berkontribusi baik secara nasional maupun internasional, sehingga dia memiliki reputasi global”, ungkapnya.

Selain menulis jurnal, Prof Batara Surya juga saat ini menulis beberapa buku referensi perkuliahan seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat tentang enviromental, tentang masalah lingkungan hidup, kemudian masalah kasus perkotaan.

  • Bagikan