Resmikan Program Cantelan, Ganjar Berikan Pujian untuk Kagama Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan program Cantelan yang diinisiasi oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sulsel.

Program Cantelan berada kompleks ukhuwah Umi, Kelurahan Bangkala, Kec. Manggala, Kota Makassar.

Cantelan sendiri merupakan sebuah program di mana semua masyarakat juga dapat ikut membantu masyarakat lainnya dengan menyumbangkan kebutuhan-kebutuhan pokok.

Uniknya kantong berisi kebutuhan pokok ini diletakan dengan cara digantung (dicantel) pada tempat yang sudah disediakan. Sehingga masyarakat dapat langsung mengambil kantong tersebut, ataupun juga ikut menyumbang.

Ganjar mengatakan dirinya sangat mengapresiasi program Cantelan Kagama Sulsel yang konsisten selama tiga tahun belakangan ini.

Menurutnya, program ini banyak membantu masyarakat yang membutuhkan apalagi awal pandemi Covid-19. Hingga saat ini warga yang ikut berkontribusi sudah ratusan dari awalnya hanya puluhan orang.

"Gerakan cantelan, sudah jalan tiga tahun, pandemi, tapi semua jalan, membantu warga. Tadi membantu ibu-ibu masya Allah, kelompok kecil awalnya 20, sekarang sudah ratusan, dulunya diberi manfaat sekarang membantu,"ungkapnya.

Sementara Ketua Kagama Sulsel, Prof Farida Patittingi mengatakan program Cantelan ini sudah memasuki tahun ketiga.

Selain Cantelan, Ganjar dijadwalkan melaunching desa inklusi program Kagama Sulsel lainnya. Program tersebut merupakan hasil kerjasama Kagama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa.

"Pak Ganjar sudah meresmikan dan meninjau langsung Cantelan itu lalu kemudian melaunching desa inklusi hasil kerjasama dengan Pemkab Gowa,"ungkapnya.

  • Bagikan