Penilaian Karyawan: Definisi, Tahapan, dan Jenis-jenisnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Penilaian kinerja atau Penilaian karyawan merupakan penilaian yang sistematis terhadap kinerja dan kemampuan pegawai sehingga dapat merencanakan pengembangan karir lebih lanjut bagi pegawai yang bersangkutan.

Penilaian biasanya disiapkan oleh atasan langsung karyawan tersebut. Prosedur ini biasanya mengharuskan supervisor untuk mengisi formulir evaluasi standar, yang dievaluasi oleh semua orang.

Memahami Apa Itu Penilaian Karyawan

Evaluasi kinerja, juga dikenal sebagai tinjauan kinerja, evaluasi kinerja atau evaluasi karyawan, adalah metode pencatatan dan evaluasi kinerja karyawan.

Perusahaan sering menggunakan evaluasi kinerja ini sebagai dasar untuk kenaikan gaji, promosi, bonus, atau sebagai dasar untuk downgrade dan pemutusan hubungan kerja.

Evaluasi kinerja yang tepat dan profesional dapat meningkatkan retensi dan semangat kerja karyawan, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Secara umum, penilaian kinerja adalah penilaian sistematis terhadap kinerja karyawan untuk memahami kemampuan karyawan guna merencanakan pengembangan karir lebih lanjut bagi karyawan.

Dengan kata lain, penilaian kinerja ini mengevaluasi dan mengevaluasi keterampilan, kemampuan, prestasi dan pertumbuhan karyawan.

Tahap Penilaian Karyawan

  1. Tetapkan Standar Kinerja

Proses evaluasi kinerja dimulai dengan penetapan standar kinerja. Manajer harus menentukan pencapaian, keterampilan, atau keluaran mana yang akan dievaluasi.

Standar kinerja ini harus dimasukkan dalam analisis pekerjaan dan deskripsi pekerjaan. Hal ini juga harus jelas, objektif, mudah dipahami dan diukur.

  • Bagikan