Jajaki Kerja Sama, Bupati Sinjai Terima Kunjungan Universitas Terbuka

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menerima audiensi dari Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama kampus Universitas Terbuka (UT), Rahmat Budiman di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Kamis (21/7/2022).

Dalam audiensi tersebut, Rahmat Budiman menawarkan rencana kerjasama untuk pengembangan sumberdaya manusia termasuk para aparatur desa serta guru SD, PAUD dan TK dengan memanfaatkan rekognisi pembelajaran lampau (RPL).

"Dengan RPL ini mahasiswa bisa 'melompat semester' contohnya aparatur desa yang memiliki pengalaman kerja, pelatihan bersertifikasi dan/atau penghargaan bisa direkognisi menjadi sejumlah SKS dengan maksimum 5 semester. Artinya mereka tidak perlu mengambil mata kuliah dari semester satu," jelasnya.

Selain itu, Rahmat Budiman juga memperkenalkan digital content yang dikembangkan oleh UT bersama Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute) kepada pemerintah daerah.

Bupati Sinjai menyambut dengan baik rencana kerjasama tersebut. Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Sinjai.

"Program ini mendukung masyarakat Sinjai khususnya para aparat desa maupun guru menjadi semakin berkualitas. Tentu saja hal ini kedepannya sangat bermanfaat dalam rangka percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati.

Sebagai bentuk tindak lanjut atas rencana tersebut, pihak UT akan segera menyusun perjanjian kerjasama dan berdiskusi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. (sir)

  • Bagikan