Kanker Payudara Dapat Disembuhkan Bila Terdeteksi di Stadium Awal

  • Bagikan
Ilustrasi Kanker Payudara

FAJAR.CO.ID — Kanker payudara nyatanya dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak stadium awal.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Andhika Rachman mengatakan, ketika di stadium awal, tumor belum merambah ke getah bening dan jaringan sekitarnya.

“Apabila ditemukan dalam stadium awal. Ketika stadium awal, tumor belum merambah ke getah bening dan jaringan sekitarnya. Belum lompat ke jaringan atau organ lainnya,” ucapnya dikutip melalui channel YouTube Gue Sehat, Kamis, (28/7/2022).

Ketika masih stadium awal, dan dilakukan operasi, kemudian dilanjutkan dengan tindakan lain seperti radiasi dan pemberian obat, diharapkan tumor tidak muncul kembali karena akarnya belum kemana-mana.

“Akan tetapi bila tumor tersebut sudah merambah ke getah bening sekitarnya terutama getah bening di ketiak atau di bawah tulang selangka atau sedang merambah ke getah bening sekitar leher. Pengobatannya akan lebih rumit atau lebih panjang,” tutur dr Andhika.

Apalagi kalau kanker atau tumornya sudah merambah ke organ lain seperti hati, paru, tulang bahkan obat. Tentu pengobatannya menjadi lebih sulit. Dan angka harapan hidup juga berkurang.

“Kalau menemukan benjolan atau kelainan sekecil apapun di payudara. Jangan takut dan jangan berkelit untuk melakukan pemeriksaan sedini mungkin. Karena dengan menemukan kelainan atau tumor sedini mungkin, peluang untuk sembuh jauh lebih tinggi,” jelasnya.

Hematologi-Onkologi Medik ini membeberkan, diagnosis dini kanker payudara dapat dilakukan sendiri di rumah atau bersama pasangan bisa dilakukan dengan mencari atau melihat riwayat benjolan di sekitar puting.

  • Bagikan