Kanker Payudara Dapat Disembuhkan Bila Terdeteksi di Stadium Awal

  • Bagikan
Ilustrasi Kanker Payudara

Adakah gambaran pembesaran dari getah bening di area ketiak atau di area payudara.

Ketiga, perhatikan apakah ada gambaran seperti kulit jeruk terutama di daerah areola berwarna coklat. Ataukah ada riwayat keluarnya cairan di puting selain air susu.

“Tentu kalau air susu juga sama. Kalau sudah tidak menyusui lebih dari dua tahun kemudian mengeluarkan ASI, perlu menanyakan pada dokter terdekat apakah yang keluar dari puting tadi adalah cairan air susu atau merupakan cairan yang lain,” jelasnya.

“Cairan yang lain ini bisa berwarna putih seperti susu. Bisa juga berwarna kekuningan, jernih atau bahkan berwarna darah. Karena setiap yang keluar dari puting di luar masa kehamilan dan menyusui. Tentu ini merupakan sesuatu yang perlu diketahui lebih lanjut,” tambahnya.

Lebih jauh, untuk mengetahui apakah ada kelainan, tumor atau gangguan lainnya, perlu dilakukan sadari (periksa payudara sendiri).

Sadari dapat dilakukan kurang lebih seminggu sampai sepuluh hari pasca siklus menstruasi. Karena pada saat itu payudara sedang tidak dikontrol oleh hormon.

“Sehingga setiap ada pembesaran, tumor dan benjolan merupakan sesuatu yang dicurigai ke arah ganas. Buat kami curigai dulu ganas sampai terbukti tidak,” pungkasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan