Mudahkan Warga, Kelurahan Tombolo Kini Hadirkan Pelayanan Berbasis Digital

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA — Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa menghadirkan inovasi baru dalam memberikan pelayanan kepada warga.

Kini Kelurahan Tombolo dilengkapi dengan website resmi. Sehingga informasi mengenai kelurahan bisa diakses melalui website kelurahantombolo.com

Fiturnya terdiri atas berita, diagram data penduduk, pengaduan masyarakat, data peraturan, data kelembagaan, galery dan sosial media.

Khusus data administrasi kependudukan, Kelurahan ini menggagas aplikasi yang bernama Panduta (Pelayanan Administrasi Kependudukan Digital) yang berkerja sama dengan cybermakassar.com yang merupakan perusahaan layanan jasa developer dan konsutal IT di Kota Makassar.

Lurah Tombolo, Andi Baso Aswar Anas mengatakan, awal inovasi ini digagas ketika mengikuti Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan VIII Kabupaten Gowa.

“Diklat PKP tersebut kita diminta untuk melakukan aksi perubahan. Aksi perubahan yang dimaksud disini adalah aplikasi pelayanan berbasis digital atau pelayanan administrasi kependudukan digital yang kami singkat dengan panduta,” ujarnya, Jumat, (2/9/2022).

Hal ini tidak terlepas dari kondisi pandemi selama ini yang membuat pelayanan diarahkan secara daring.

”Selama ini pola-pola konvensional yang diterapkan cukup membuat kami kesulitan. Terutama misalnya terjadi ketika pergantian jajaran lurah, kemudian database administrasi kependudukan yang sebelumnya itu jarang ada karena databasenya berbentuk,” jelasnya.

Hadirnya Panduta ini, data warga Tombolo yang berjumlah 17 ribu penduduk sudah disimpan secara digital.

  • Bagikan