Peserta Sandeq Sulbar Disambut Forkopimda Balikpapan, Walikota : Nyali Passandeq Luar Biasa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN- Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI, Tri Budi Utomo menyambut ratusan peserta Festival Sandeq Sulbar 2022 di Pantai Manggar Segarasari, Kita Balikpapan, Kaltim.

Walikota Balikpapan, Rahmat Mas'ud mengatakan jajaran Forkopimda Pemkot Balikpaan senang menyambut kedatangan para Passandeq dari Tanah Mandar. Ia mengapresiasi momentum silaturahmi antar warga Sulbar dan Kalimantan Timur ini.

"Acara ini juga merupakan kesempatan kita mengenalkan dan mewariskan kepada generasi bagaimana mencintai laut," kata Rahmad, Rabu 7 September.

Ia menjelaskan bahwa laut yang diseberangi para Passandeq ini merupakan jalur Alki II yang memiliki potensi sangat besar di bidang maritim.

"Kalau kita tidak memiliki nyali yang besar maka kita dapat mengarungi selat Makassar. Makanya luar biasa para Passandeq ini," ujar Walikota Balikpapan ini disambut tepuk tangan ribuan warga yang menyaksikan kedatangan 34 Sandeq dari Sulbar.

Dalam acara penyambutan ini, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik turun dari Perahu Sandeq bersama Bupati Polman, Bupati Mamuju, Bupati Majene, dan perwakilan dari tiga kabupaten lain di Sulbar. Yakni, Pasangkayu, Mamuju Tengah, dan Mamasa.

Akmal menyerahkan seserahan sebagai simbol Pemprov Sulbar mendukung Ibukota Nusantara atau IKN. Seserahan itu diterima oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo dan Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

"Sandeq merupakan mahakarya maritim Indonesia yang tidak dimiliki daerah lain. Kalau tidak memiliki nyali besar tidak bisa sampai di sini. Spirit inilah yang harus digunakan untuk menyelesaikan persoalan bangsa," kata Akmal. (wir/

  • Bagikan