Baznas Parepare Gagas Kampung Zakat di Bacukiki

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE - Pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Parepare melakukan rapat koordinasi dengan pihak Kementrian Agama, Camat Bacukiki dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bacukiki terkait rencana pembentukan Zakat Community Development alias Kampung Zakat.

Pertemuan digelar di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bacukiki. Hadir Secara lengkap Pimpinan Baznas kota Parepare Saiful,S.Sos.I (Ketua),Drs H.Zaenal Arifin,MA (Waka 1) Abdul Rahman,SE (Waka 2) Suwarni, SH (Waka 3), dan Dr Muhammad Hatta,Lc,MA (Waka 4) Agenda pertemuan tersebut membahas wacana pembentukan Kampung Zakat.

Kampung Zakat ini menurut Kapala Bidang Zakat dan Wakaf Kementerian Agama kota Parepare Hasyim adalah sebuah Program dari Kementrian Agama dengan membentuk sebuah komunitas atau kawasan untuk Pendayagunaan Zakat "Sehingga masyarakat tersebut bisa didampingi secara terintegrasi dari semua aspek baik ekonomi, lendidikan Sosial dan keagamaan," ujar dia.

Saharuddin Camat Bacukiki sangat merespon baik wacana Kampung Zakat tersebut.

"Saya selaku camat Bacukiki sangat merespon rencana pembentukan Kampung Zakat ini segera terwujud. Malah saya mengusulkan salah satu kawasan dalam kecamatan Bacukiki ini menjadi pusat binaan dan pendayagunaan Zakat yakni Lappa Anging kelurahan Watang Bacukiki.
Kenapa? Ada beberapa alasan karena di Lappa Anging ini selain agak jauh dari keramaian sejuk dan memiliki aspek kesejarahan sebagai pusat Kerajaan Watang Bacukiki juga alasan Sosial Ekonomi.

Ada Warga kami sekitar 150 Kepala Keluarga di antara mereka ada yang berprofesi kesehariannya sebagai penjual Tuak (Ballo) yang setiap hari naik ke gunung menyadap air nira dari pohon aren lalu itu dijual menjadi Ballo/Tuak yang kemabukkan," kata Sahar, sapaan karib dia.

  • Bagikan