Hari Cuci Tangan Sedunia, Ketua TP PKK Barru Jadi Narasumber Nasional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,BARRU - Nama Barru kian tenar hingga ke tingkat nasional. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, drg Hj Hasnah Syam, Mars, didaulat jadi narasumber nasional dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia di Hotel Westin Jakarta, Senin, (17/10/2022).

Sebagai narasumber, Hasnah Syam, mengupas tentang peran perempuan dalam menuntaskan CTPS dan 5 pilar STBM. Selain itu, peran HAKLI dalam membina sistem sanitasi lingkungan untuk percepatan SBS dan CTPS dalam pencegahan penyakit berbasis lingkungan dan stunting juga dibahas tuntas dalam peringatan ini.

Menurut, Hasnah Syam yang juga Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Nasdem, Stunting sebagai salah satu masalah bangsa, dan lebih bahkan juga menyebutkannya sebagai bencana nasional, agar supaya semangat kita lebih besar tentu mengundang keprihatinan semua pihak.

"Termasuk saya, karena selain sebagai ketua Tim penggerak PKK juga terutama sebagai ibu yang tidak ingin melihat anak anaknya mengalami suatu kendala kesehatan apapun, ingin melihat anak anaknya tumbuh dengan baik, sehat dan berkualitas", ungkapnya.

Lebih jauh Hasnah mengungkapkan, ada salah satu inovasi yang dikembangkan di kabupaten Barru yaitu dengan membuat sarana cuci tangan pakai sabun secara mobile, sehingga bisa bergerak kemana saja ditempat tempat terjadinya perkumpulan atau kerumunan orang.

Ada yang menggunakan sepeda dan sepeda motor, yang keliling setiap saat, selain menginformasikan pentingnya cuci tangan juga menyiapkan sarana cuci tangan mobile di desa desa, kampung kampung, dan yang utama di acara acara kemasyarakatan misalnya ada pernikahan, aqiqah, dan lain lain kami bantu dengan adanya CTPS mobile ini.

  • Bagikan