Anggaran Pokir Topang Ekonomi Wajo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Anggaran pokok pikiran (pokir) 40 DPRD Kabupaten Wajo ditahun 2022 diharapkan menunjang perekonomian masyarakat.

Berdasarkan data dihimpun FAJAR di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda). Tercatat anggaran pokir anggota dewan sebesar Rp31.500.000.000.

Anggaran sebesar itu kemudian di titipkan ke 15 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terdiri 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 2 kecamatan.

Yakni, Kesbangpol, Dinas Kesehatan, Disnakertrans, Diskominfotik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas PUPRP, Disporapar, Disdikbud, Dinas Perikanan (Diskan), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP).

Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P2KBP3A), Sekretariat Daerah (Setda) serta Pemerintah Kecamatan Bola dan Pitumpanua.

Sekretaris Komisi III DPRD Wajo, Arga Prasetya Ashar mengaku, menitipkan anggaran pokirnya di Diskan Wajo di APBD 2022 ini untuk program normalisasi ex ornamen di Desa Lautang Kecamatan Belawa.

Ex ornamen merupakan rawa dan sungai yang termasuk kekayaan daerah. Memiliki Sumber Daya Alam (SDA), namun hasilnya mulai menurun akibat terjadinya pendangkalan.

"Tahun ini untuk kegiatan penggalian rawa. Kita harapkan setelah dinormalisasi, ikan akan bertambah banyak dan hasil tangkapan nelayan meningkat," ujarnya, Minggu, 30 Oktober.

Kegiatan itu merujuk dari banyaknya keluhan warga setempat. Wilayah ini merupakan daerah pesisir Danau Tempe dan Danau Sidenreng. Banyak Daerah Aliran Sungai (DAS) hulunya dari danau.

  • Bagikan