Pertamina Patra Niaga Sulawesi Dorong Inkubasi UMKM Go Global, Jalin Kerja Sama dengan Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui program kemitraan kembali memberikan gebrakan dengan target mendorong UMKM binaannya dapat Go Global dengan diawali kerjasama dengan Kemenkumham Sulsel dalam memfasilitasi pendaftaran Kekayaan Intelektual usahanya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan MoU kerjasama untuk memfaslitasi pendaftaran HAKI UMKM binaan Pertamina Sulawesi yang dilakukan oleh Area Manager Communication, Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Liberti Sitinjak. Selain itu dilakukan juga sesi coaching bisnis untuk UMKM terkait proses ekspor dari Bea Cukai yang disampaikan oleh Bapak Dr. Andi Pramono SE MM selaku Kepala Bea Cukai Makassar dan materi produk knowledge terkait Bengkel Enduro.

Kegiatan bertajuk Penyaluran Pembiayaan dan Inkubasi UMKM Go Global yang dilangsungkan pada Selasa (6/12) di Hotel Four Points Makassar ini juga dihadiri oleh Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Dr. Andhi Pramono, S.E., M.M. serta Region Manager Retail Sales Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fanda Chrismianto.

Pada kesempatan tersebut, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan Program Kemitraan yang sudah ada sejak tahun 1993 ini menjadi salah satu program utama Pertamina dalam hal peningkatan perekonomian melalui program pinjaman modal usaha kepada pelaku usaha mikro dan kecil. "Sampai saat ini, Pertamina Sulawesi sudah membina lebih dari 2.000 UMKM yang ada di seluruh provinsi di Sulawesi dan Gorontalo. Sektor usaha yang dibina meliputi sektor perindustrian, perdagangan, pertanian, perkebunan, perikanan, jasa dan lainnya," terangnya.

  • Bagikan