12 Keuntungan Bagi Perusahaan Menggunakan Aplikasi ERP

  • Bagikan

Bagi manajer dan pimpinan perusahaan, alur kerja yang jelas dan terlihat ini sangat penting karena prosesnya akan lebih cepat daripada harus mencari dokumen dan terus meminta update dari rekan kerja lain.

  1. Pelaporan dan Analisis

Data akan berguna kalau perusahaan bisa menganalisis dan memahaminya, Aplikasi ERP membantu dalam pelaporan dan analisis data di setiap fungsi bisnis.

Solusi utama memiliki tools pelaporan dan analisis yaitu user tidak hanya bisa melacak KPI (Key Performance Indicator), tetapi juga bisa menampilkan matriks atau perbandingan yang ingin Anda lihat.

ERP mengintegrasikan hampir seluruh fungsi bisnis, dengan ini Anda bisa memahami bagaimana perubahan atau masalah pada satu departemen bisa mempengaruhi departemen lain di perusahaan lain.

  1. Insight Bisnis

Karena ERP bisa mengakses data dari seluruh fungsi bisnis yang dimiliki perusahaan, aplikasi ERP bisa menunjukkan bagian mana yang berdampak dan memberikan insight bisnis yang luas.

Manfaat ERP dalam hal ini dapat memudahkan pihak manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik karena memiliki akses mudah ke semua data yang relevan.

  1. Patuh Aturan dan Keamanan Data

Standar pelaporan keuangan dan keamanan data biasanya sudah diatur oleh pihak tertentu dan bisa mengalami perubahan. 

Bahkan untuk setiap industri bisnis pun sering berubah terkait dua hal ini. ERP dapat membantu perusahaan Anda memiliki data yang aman dan patuh terhadap peraturan.

Manfaat ERP adalah dapat mengetahui jejak audit dengan mentracking setiap transaksi, termasuk kepatuhan pada work flow yang memerlukan persetujuan. 

  • Bagikan