Tim Penggerak PKK Sulsel Gelar Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Lelangit

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO - PKK Provinsi Sulawesi Selatan menghadiri Pembukaan Seminar Nasional, Hands On dan Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Lelangit oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Palopo.

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel yang diwakili oleh Erna Komalaningrum sebagai Wakil Ketua Pokja IV yang menghadiri langsung mengatakan, jika kegiatan yang dilakukan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PKK Sulsel yang hari ini dilakukan di kota Palopo.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin atau kegiatan tahunan dari Pokja IV yang dilaksanakan di 24 kabupaten/kota dan ini kegiatan yang keempat dilakukan.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika sebelumnya telah dilakukan operasi celah bibir (sumbing) ini di RS Sayang Rakyat, kemudian di kabupaten Enrekang, juga di kabupaten Bantaeng, dan saat ini di kota Palopo. "Kemungkinan besar setelah ini kami lanjutkan di kabupaten Takalar untuk operasi celah bibir (sumbing)," ucapnya saat sambutan, Sabtu, 18 Februari 2023.

Seperti diketahui, kata Erna, operasi celah bibir dan lelangit adalah salah satu cacat penyakit bawaan terhadap anak. Dan untuk Indonesia sendiri, berdasarkan data yang didapat ada sekitar 700 hingga seribu orang anak yang lahir, ada satu orang anak bibir sumbing. Jika dari Asia datanya sebanyak 2,1 persen dari seribu angka kelahiran. Dan ini adalah angka tertinggi untuk bibir sumbing.

"Karena, seperti diketahui jika seorang anak terpapar bibir sumbing ini juga akan mengakibatkan terjadinya resiko stunting. Karena, dengan bibir sumbing mereka tidak bisa menyusui, lambat mendapatkan asupan makanan, dan ujung-ujungnya stunting," terangnya.

  • Bagikan