Di Tengah Cuaca yang Tak Menentu, Bulog Jamin Ketersediaan Beras di Sulsel Tercukupi

  • Bagikan
Tumpukan karung beras di gudang beras Bulog, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (13/6/2018). Bulog menyatakan stok beras aman selama periode Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1439 H. FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Barat, menjamin stok beras di Sulsel tercukupi di tengah cuaca yang tak menentu.

“Cadangan beras yang tersimpan di Gudang-gudang Bulog saat ini dipastikan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulsel,” ungkap Kepala Perum Bulog Kanwil Sulselbar, Bakhtiar AS, Sabtu (25/2/2023) kepada fajar.co.id.

Cuaca yang tak menentu, bahkan banjir di berbagai titik di wilayah Sulsel —terutama di Makassar— sejak (23/2) kata dia tak memengaruhi secara signifikan. Pasalnya, sejak awal Bulog telah melakukan serangkaian upaya strategis.

“Gudang-gudang Bulog yang tersebar di seluruh Kabupaten di Sulsel sangat memudahkan proses distribusi,” jelasnya.

Selain itu, Bulog kata dia juga telah memperkuat jaringan distribusi, antara lain dengan Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita, mitra BULOG, BUMN Pangan, dan Satgas BULOG dengan prioritas di pasar tradisional.

“Tidak ada kendala dalam hal pendistribusian termasuk dalam situasi cuaca ekstrem seperti saat ini,” terangnya.

Soal kemanan dan kondisi fisik infrastruktur gudang penyimpanan stok beras, ia juga memastikan dalam keadaan baik. Pihaknya mengaku rutin melakukan kondisi gudang dan sekitarnya.

“Bulog juga terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana, dan telah melakukan antisipasi kerusakan bangunan gudang dan stok beras yang mungkin dapat terjadi akibat cuaca ekstrem,” pungkasnya.

Diketahui, sejak (13/2), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut beberapa titik di wilayah Sulsel dilanda cuaca ekstrem.

  • Bagikan