Berantas Premanisme dan Pungli, Polres Pelabuhan Siapkan Operasi Bina Kusuma Jelang Ramadan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Perangi premanisme dan perkelahian jalanan, hingga pungutan liar, polisi akan melakukan operasi Bina Kusuma jelang Ramadan.

Dikatakan Dirbinmas Polda Sulsel, Kombes Pol Andi Heru Santo, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga ketertiban masyarakat dan memberikan rasa aman bagi warga.

Andi Heru mengatakan, tindakan premanisme pada dasarnya lahir saat adanya Covid-19 yang membuat banyak pemutusan kerja sepihak atau PHK.

"Sehingga untuk kepentingan keluarga, ekonomi, biasanya mereka yang tidak ada pekerjaan ini salah satu kegiatannya melakukan penjambretan, dll," ujar Andi Heru, saat menggelar Jumat Curhat bersama Polres Pelabuhan Makassar, Jumat (3/3/2023).

Terpisah, Kapolres Pelabuhan AKBP Yudi Frianto menuturkan, operasi Bina Kusuma tersebut melibatkan Babinkamtibmas dan Dinas Perhubungan.

"Babinkamtibmas akan melakukan patroli untuk menangani kasus premanisme, seperti penjambretan dan perkelahian kelompok," kata Yudi.

Sementara itu, dikatakan Yudi. Dinas Perhubungan akan menindaklanjuti pungutan liar terkait masalah parkir di daerah.

"Polisi hanya akan menghalau dan mengimbau warga agar tidak melakukan parkir di tempat yang tidak seharusnya. Dalam hal ini, Dinas Perhubungan yang berkompeten," ucapnya.

Kapolres Pelabuhan menambahkan, kegiatan operasi Bina Kusuma dilakukan untuk menjaga ketertiban masyarakat.

"Terutama di masa pandemi saat banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi. Dengan adanya operasi ini diharapkan dapat menekan angka premanisme dan pungutan liar di daerah," lanjutnya.

  • Bagikan