Buka Festival Apang, Bupati Suardi Saleh Ungkap Makna Filosofisnya

  • Bagikan
Suardi Saleh

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Bupati Barru, Suardi Saleh, menyampaikan bahwa apang berasal dari Kata Arab yaitu Affan yang bermakna “Ampunan” dan dibuat sedemikian rupa sehingga mengembang.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan Festival Apang Kampoeng Kamara Jilid 5 di masjid Babul Falah Kamara Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru,Kabupaten Barru dalam rangka memeriahkan Ramadan tahun ini, Sabtu (6/4/2023).

"Semoga amal ibadah, pahala kita mengembang di bulan ramadhan ini, dosa dosa kita diampuni, karena Celakalah Orang orang dibulan ramadhan yang dosanya tidak diampuni," katanya.

Bupati Barru lalu menceritakan bahwa di Seragen ada masjid yang menginisasi masyarakat untuk memakmurkan masjid. Salah satunya hadiah umrah. Lalu banyak yang kritik jangan jangan Niat Jamaah untuk shalat subuh hanya karena untuk umrahnya.

Namun kata Bupati, pihak pengurus masjid mengatakan saya tidak mengurus niatnya jamaah yang saya urus bagaimana jamaah rajin kemasjid bagaimana agar hatinya ke masjid.

Seperti di Masjid Babul Falah yang menyajikan Kue Apang bagi Jamaah masjidnya dapat memotivasi masyarakat untuk ke masjid, bergembira datang kemasjid dan tentu saja ini dikembangkan untuk memakmurkan masjid.

Dia berharap ke depan kegiatan Festival Apang ini bisa dikembangkan bisa menjadi Festival tingkat Kabupaten, jika perlu menyediakan 500ribu apang.

"Selamat makan apang insha Allah kita ketemu di jilid VI," kata Bupati sekaligus membuka Secara Resmi Festival Kamara Kampoeng Apang Jilid V. (rls)

  • Bagikan