Pemilik KIA Bisa Dapat Diskon saat Berbelanja, Cek Toko yang Digandeng Disdukcapil Sinjai

  • Bagikan
Haerani Dahlan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai melakukan transformasi terhadap kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Bukan hanya sebagai kartu identitas semata tetapi juga memberikan nilai tambah serta manfaat.

Salah satunya dengan menjalin kerjasama atau bermitra para pelaku usaha dalam memanfaatkan KIA sebagai kartu diskon.

Pelaksana Tugas Kadis Dukcapil Sinjai Haerani Dahlan mengatakan bahwa saat ini pemanfaatan KIA dapat dijadikan sebagai kartu diskon sehingga masyarakat yang memiliki kartu tersebut mendapat potongan harga saat berbelanja di toko yang sudah bermitra.

Dikatakan, ide ini muncul ketika pelaporan melakukan pelaporan dan wawancara terkait inovasi 'Pencet WA Saja” pada penilaian 50 besar persaingan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sulsel pada awal Maret 2023.

“Ketika salah seorang juri memberikan tantangan tentang manfaat apa yang bisa didapatkan oleh seorang anak jika sudah punya KIA, lalu beliau mencontohkan bahwa di suatu daerah KIA bisa digunakan sebagai kartu diskon dan menantang itu Alhamdulillah bisa kami jawab dengan mereplikasi inovasi tersebut saat ini, ” lebih jelasnya.

Sebagai langkah awal perlindungan telah berhasil membangun kerjasama dengan 3 pemilik usaha melalui pembuatan kerjasama beberapa waktu lalu dan saat ini ada dua lagi pelaku usaha yang sementara berproses untuk membangun kerjasama lagi.

Disdukcapil saat ini sedang mengupayakan dan berkolaborasi dengan UMKM lainnya di Sinjai untuk membuat kerjasama serupa tidak hanya sebatas usaha yang bergerak di bidang ATK (alat tulis kantor) tetapi di segala jenis bidang usaha yang menjadi kebutuhan anak.

  • Bagikan