Pemkab Barru Peringati Hari Lahir Pancasila

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, 1 Juni. Bupati Barru Suardi Saleh ikut memperingati yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Barru, Kamis (1/6/2023).

Tema peringatan Harlah Pancasila kali ini adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 1405/Parepare Letkol. Inf. Hastiar Hatta, S.I.P., dan juga diikuti oleh Sekda, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD dan Kabag Lingkup Pemkab Barru.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Dandim, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara", kata Jokowi.

Menurutnya, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan YME dan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia", ujar Jokowi.

  • Bagikan