KPU Tetapkan DPT, Ada Ribuan Pemilih Potensial Non KTP El di Wajo

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Wajo pada Pemilu serentak 2024 mendatang sebanyak 293.077 suara. Jumlah tersebut terdapat diantaranya ribuan pemilih non KTP el.

Hal itu terungkap dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan DPT Tingkat Kabupaten Wajo pada Pemilu Serentak tahun 2024, yang digelar KPU Wajo di Hotel Sermani Sengkang, Rabu, 21 Juni.

Dibandingkan dengan DPT Pilkada Wajo 2018 lalu 270.192 suara. DPT Pemilu serentak 2024 mendatang bertambah. Perubahan tersebut sebab berbagai faktor.

Ketua KPU Wajo, Haedar mengatakan, tingginya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi menjadi barometer bertambahnya DPT.

Dirinya merincikan, dari 293.077 suara tersebut terbagi 139.467 laki-laki dan 153.610 perempuan.

"Dari DPT ini yang menjadi perhatian adalah pemilih potensial non KTP el 3.858 jiwa di 14 kecamatan," ujarnya.

Pemilih potensial ini mereka yang akan memasuki usia memilih dan akan menggunakan hak pilihnya sebelum 14 Februari 2024. Olehnya itu, pihaknya terus melakukan konsolidasi dengan pemangku kepentingan, sehingga

"Kita KPU Wajo berusaha mengcover semua elemen agar terdaftar dalam daftar pemilih. Termasuk kita membuka akses pendaftaran mandiri secara online. Hak pilihnya tersalurkan," jelasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wajo, Gaffar yang turut hadir menyampaikan, akan gencar melakukan perekaman data kependudukan bagi para pelajar.

Yang tak lain untuk memudahkan dalam mengakses keikutsertaan pasa pelaksanaan pemilu menggunakan KTP El maupun Identitas Kependudukan Digital (IKD).

  • Bagikan