Pemprov Lakukan Uji Coba dan Penyerahan Arsinum di Bulukumba

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Kepala Dinas Perkimtan Provinsi Sulsel, Andi Bakti Haruni melaksanakan kunjungan kerja monev pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Air Siap Minum (Arsinum) di Wilayah Pesisir Lingkungan Gusunge Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba, sekaligus melaksanakan kegiatan alih teknologi, uji coba arsinum dan penyerahan arsinum ke kelompok masyarakat untuk dimanfaatkan dan di kelola oleh Kelompok masyarakat di Kawasan Pesisir tersebut.

Kadis Perkimtan Sulsel menjelaskan, arsinum merupakan program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan di Provinsi Sulsel.

“Oleh Karena itu, diharapkan masyrakat untuk menjaga dan memelihara keberlangsungan dan keberlanjutan pengelolaan Arsinum,” kata Bakti Haruni, Kamis (22/6/2023).

Dalam kegiatan itu, narasumber utama adalah Agus Rifai selaku Koordinator Arsinum BRIN.

Dia menjelaskan proses flow diagram Teknologi Sea Water Osmosis (SWRO) Arsinum yang telah memenuhi standar baku mutu air minum layak.

“Dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat," tutur Agus.

Dalam kegiatan tsb, turut hadir Kabid PSUS Ishak Amin Rusly, Tim Teknis Disperkimtan Sulsel, Kepala Dinas Perkimtan Bulukumba, Munthasir Nawir, Kepala Lingkungan Kalumeme Abdul Salam, Babinsa, Kamtibmas, warga dan tokoh masyarakat Kelurahan Kalumeme. (selfi/fajar)

  • Bagikan