Berbeda dengan Mahfud MD, Ali Mochtar Ngabalin Bela Panji Gumilang

  • Bagikan
Ali Mochtar Ngabalin

Ngabalin mengatakan, Panji Gumilang adalah kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Gontor.

Selain itu, kata dia, Panji juga merupakan anak dari kader Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) sehingga mustahil melakukan penyimpangan yang melawan syariat Islam.

Saya gak tahu siapa yang awal merusak Al Zaytun dengan berbagai macam tuduhan, lembaga pendidikan seperti Al Zaytun itu organisasi yang sudah dibangun berpuluh-puluh tahun,” terangnya.

Ali Ngabalin Berbeda dengan Mahfud MD.

Pernyataan Ali Ngabalin tersebut berbeda dengan Menkopolhukan Mahfud MD. Menurut Mahfud, Al Zaytun dulunya didirikan oleh organisasi radikal Negara Islam Indonesia (NII).

"Karena itu sejarahnya memang tidak bisa disembunyikan. Dulu ya, itu (Al Zaytun didirikan) munculnya dari ide kompartemen (komandemen wilayah) sembilan NII," ujar Mahfud saat konferensi pers acara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Rabu 5 Juli 2023.

Mahfud mengatakan, pihaknya punya bukti dokumen bahwa Al Zaytun dulunya di bawah Yayasan NII.

"Dan itu ada dokumen yayasannya bahwa dulu yayasannya namanya, ya itu yayasan NII, tapi berubah (menjadi) yayasan pendidikan Al Zaytun dan seterusnya," kata Mahfud.

Namun kata Mahfud, belakangan Al Zaytun mulai berubah dari ide pembentukan NII menjadi lembaga pendidikan biasa.

Namun, menurutnya, bukan berarti pemerintah sepenuhnya percaya. Mahfud meminta agar BNPT bisa mendalami dan memonitor dugaan kegiatan radikalisasi yang ada di Ponpes Al Zaytun.

  • Bagikan