Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Gula Aren di Bone

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BONE - Gerakan Passeddingeng Masyarakat Bone tak henti-hentinya merangkul warga di beberapa desa di Kabupaten Bone untuk meningkatkan perekonomian keluarga melalui pelatihan-pelatihan bermanfaat.

Kali ini, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan pembuatan gula aren bagi masyarakat Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Rabu (19/7/2023).

Koordinator Lapangan (Korlap) Gerakan Passeddingeng Masyarakat Bone Aswar Hamid mengatakan pihaknya ingin mendorong warga di desa Mappalo Ulaweng memaksimalkan potensi hasil bumi di daerahnya untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Kami memilih pelatihan ini karena potensi gula aren sangat luar biasa di Desa Mappalo Ulaweng," ungkapnya di sela-sela pelatihan.

Namun, Aswar mengatakan semangat masyarakat perlu dibangkitkan agar makin bergairah mengolah potensi sumber daya alam yang tersedia di desa tersebut. Karena itu, dengan adanya pelatihan ini, masyarakat menjadi semangat dan berkomitmen menjadikan gula aren sebagai hasil produksi di desanya.

"Karena kurangnya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha gula aren ini, kami dari relawan Ganjar Pranowo memfasilitasi bimbingan atau pelatihan pembuatan gula aren," ungkapnya.

Masyarakat diajari bagaimana mengolah pohon aren untuk dijadikan gula aren.

Nira aren yang dihasilkan dari pohon dimasak dengan api sedang saja sambil sesekali diaduk. Buih yang keluar dibuang saat nira sudah mendidih. Membuang buih ini akan membuat gula bisa keras saat dicetak nantinya. Selain itu, pembuangan buih juga akan membuat gula warnanya tidak menghitam.

  • Bagikan