Ikhtiar untuk Selayar

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady

"Selain yang berkaitan dengan infrastruktur dan perhubungan, saya juga yang mengatur anggaran di seluruh republik Indonesia," ungkap Hamka.

Selayar yang 80 persen wilayahnya adalah laut memiliki kesan istimewa baginya. Insiden tenggelamnya KM Lestari Maju yang karam di laut Selayar pada 3 juli 2018 lalu sangat membekas baginya.

Satu hari setelah peristiwa kecelakaan itu Hamka bersama Basarnas dan Kepala Balai BPTD mengunjungi langsung Lokasi tenggelamnya kapal dan menyepakati untuk memperjuangkan pengadaan kapal Fery Ro-Ro yang baru.

Sejak itu, dia begitu getol tak kenal menyerah memperjuangkan dari segi penganggarannya hingga akhirnya disepakati nilai anggaran dengan model kontrak multy years.

Setelah anggaran itu disepakati, Hamka tak serta merta lepas tangan. Hingga akhirnya pada Novmber 2022, PT Industri Kapal Indonesia (IKI) rensmi meluncurkan kapal penyeberangan penumpang Roro 500 GT Lintas Kabupaten Selayar KMP Takabonerate di Makassar.

"Kapal takabonerate ini merupakan pengganti KM Lestari yang karam pada 2018 lalu," terangnya.

Tak berhenti disitu, peristiwa gempa magnitudo 7,4 yang menggucang Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 14 Desember 2021 lalu berdampak hingga ke Selayar.

Sarana umum yang mengalami rusak berat adalah tiga dermaga. Yakni dermaga Takabonerate, dermaga Pasilambena, dan dermaga Pasimarannu.

Adalah Hamka B Kady yang memperjuangkan dermaga ini untuk direnovasi. "Insya Allah tahun ini selesai," katanya.

Tak sedikit pula program padat karya yang digelontorkan Hamka untuk warga Kepulauan Selayar sejak dua periode ia duduk di DPR.

  • Bagikan