Ciptakan Hidup Sehat dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Demi menciptakan hidup sehat, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terus diedukasikan di lingkungan masyarakat secara terus-menerus.

Fardiana Mamang mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu upaya promotif dan preventif yang dilakukan di Puskesmas.

"Karena PHBS ditempatkan sebagai salah satu indikator capaian peningkatan kesehata dalam program Sustainabel Development Goals (SDGs) 2015-2030," ujar Fardiana, Rabu (26/7/2023).

Dalam SDGs, jaya Fardiana, PHBS disebut sebuah srategi pencegahan dengan dampak jangka pendek bagi peningkatan kesehatan dalam 3 tataran wilayah yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat.

Tambahnya, tatanan PHBS yang utama adalah PHBS rumah tangga atau keluarga yang bertujuan memberdayakan anggota keluarga sebuah rumah tangga untuk tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih dan sehat serta memiliki peran yang aktif pada gerakan di tingkat masyarakat.

Namun, Fardiana mengungkapkan, tidak dapat dipungkiri seiring dengan berkembangnya zaman, polemik di masyarakat juga semakin meningkat.

Lanjut dia, dengan bertambahnya jumlah populasi masyarakat, sejalan dengan bertambahnya jenis penyakit dan meningkatnya jumlah penderita. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi petugas kesehatan khususnya tenaga penyuluh kesehatan di puskesmas.

"Untuk sasaran penyuluhan di wilayah kerja Puskesmas Mamajang, metode penyuluhan perlu di rancang metode penyuluhan secara tidak langsung, mengingat masyarakatnya berada di wilayah perkotaan, sangat sulit untuk dikumpulkan dalam kegiatan penyuluhan langsung," ucapnya.

  • Bagikan