PNUP Bina Ibu-ibu Kelompok Dirosa Membentuk Usaha Kuliner yang Berakuntabilitas

  • Bagikan

Kegiatan ini berhasil menarik perhatian peserta yang sangat antusias mengajukan pertanyaan dan berdiskusi terkait usaha kuliner mereka. Kegiatan diawali dengan pemberian materi berjudul “Smart Memilih Bahan Pangan Tambahan” yang dibawakan oleh Ketua Divisi P3H Halal Center UIN Alauddin Makassar, Dr. Rismawaty Sikanna, S. Si., M. Si. Materi ini mengarahkan anggota kelompok Dirosa untuk cerdas  memilih bahan tambahan pangan yang halal lagi baik dalam usaha kuliner yang mereka kelola. Hal ini penting mengingat produsen adalah muslim dan konsumen yang disasar pun mayoritas adalah muslim. Apalagi, pada Oktober 2024 nanti, seluruh produk yang beredar di Indonesia, utamanya pangan, haruslah bersertifikat halal.

Pelatihan dilanjutkan dengan materi “Penentuan Harga PokokProduksi” yang dibawakan oleh Andi Abdul Azis Ishak, S. E., M. Com., Ak. dan “Strategi Wirausaha Berbasis Amanah” yang dibawakan oleh  Dr. Muhammad Ridwan, S. E., M. App. Fin. Kegiatan ditutup dengan diskusi peserta bersama Syamsinar,  S. E.,  M. S. A, Ak. yang memandu para ibu anggota kelompok tersebut untuk menyusun sebuah sistem pertanggungjawaban organisasi. 

Dien Triana, selaku ketua Tim Program Kemitraan ini, berharap agar anggota kelompok usaha bisa memanfaatkan program ini dengan baik. “Insya Allah, pelatihan ini akan kami tindak lanjuti dengan kegiatan berikutnya, yakni pembuatan produk kuliner yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2023 mendatang, pungkas Dien.

  • Bagikan