Pertama Kali di Sulmapa, IAPI Gelar Pelatihan Pelaporan Keuangan Bagi Pegawai Puskesmas dan Rumah Sakit

  • Bagikan
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Sulawesi Maluku Papua (Sulmapa) menggelar pelatihan pelaporan keuangan bagi pegawai rumah sakit dan puskesmas.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Sulawesi Maluku Papua (Sulmapa) menggelar pelatihan pelaporan keuangan bagi pegawai rumah sakit dan puskesmas.

Kegiatan ini merupakan pertama kalinya digelar oleh IAPI Sulmapa dan diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di Sulsel di Hotel Santika Makassar, Jalan Sultan Hasanuddin, Rabu 2 Agustus 2023.

Ketua Korwil IAPI Sulmapa, Asri Rasak mengatakan, kegiatan seperti penting untuk dilakukan agar para pegawai RS dan puskesmas bisa membuat pelaporan keuangan sendiri.

"Pelaporan keuangan BLUD badan layanan umum daerah, karena di Sulsel di kabupaten di RS dan puskesmas itu sudah BLUD dan itu harus diaudit,"katanya kepada wartawan.

Asri mengungkapkan, saat ini sistem BLUD baru saja diterapkan di daerah, sehingga masih banyak dari instansi RS dan puskesmas tidak mengerti cara membuat pelaporan keuangan.

"Mereka harus buat laporan sendiri kemudian dipertanggungjawabkan di Dinas Kesehatan masing-masing. Mereka yang baru BLUD harus paham apa sebenarnya laporan yang harus dia bikin,"jelasnya.

Lebih lanjut, Asri mengaku bangga dengan antusiasme peserta yang hadir. Dari target 50 orang, kini acara tersebut berhasil menarik perhatian hingga diikuti 170 peserta.

"Merasa bangga karena target awal kita cuma 50an tetapi yang hadir 170 dan itupun masih ada yang mau mendaftar tapi kamu tutup,"katanya.

Peserta yang hadir tersebar dari berbagai kabupaten kota di Sulsel, mereka merupakan pegawai RS dan puskesmas.

"Soppeng, Pinrang, Bone, Barru, Selayar, Parepare, Peserta pegawai RS dan puskesmas,"pungkas Asri.

  • Bagikan