Pemkab Lutim dan BPDPKS Harap Budidaya Sawit Makin Baik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUTIM--Dalam rangka peningkatan SDM petani sawit di Luwu Timur, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Ditjen Perkebunan dan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY) Stiper menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDM PKS).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Sikumbang, Mangkutana, Luwu Timur (Lutim) ini diikuti 98 petani sawit yang terbagi dua skema. Yakni skema pelatihan Penguatan Kelembagaan diikuti 29 peserta dan Teknis Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit 69 peserta.
 
Wakil Direktur AKPY Stiper, Dr.(Cand), Idum Satia Santi yang mewakili Direktur AKPY Stiper, Dr. Sri Gunawan mengatakan pihaknya bersyukur kembali mendapat kepercayaan memberi pelatihan pada petani sawit, yang didanai BPDPKS.

Adapun sasaran peserta pelatihan yaitu pekebun, keluarga pekebun, penyuluh, tenaga pendamping, ASN yang bekerja di bidang perkelapasawitan, serta masyarakat sekitar kebun.

Sementara tujuan pelatihan adalah memberi pengertian dan pemahaman tentang cara budidaya kelapa sawit yang berkelanjutan (Good Management Practices).

"Juga meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemandirian, manajerial dan kewirausahaan yang berdaya saing perkebunan kelapa sawit berkelanjutan," kata Idum Satia, siang tadi.

Idum melanjutkan harapannya dari pelatihan ini, peserta dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada saudara, tetangga, penyuluh swadaya dan petani lainnya. Terutama soal penguatan kelembagaan dan teknis budidaya perkebunan kelapa sawit.

“Serta dapat menerapkan teknik budidaya kelapa sawit minimal di kebunnya sendiri dan menjadi agen perubahan dalam pengelolaan kebun sawitnya,” kata Idum.

  • Bagikan