Tim Dosen Unimerz dan Unhas Kolaborasi dengan PD IBI Provinsi Sulsel dalam Pelatihan Media Edukasi Berbasis Augmented Reality

  • Bagikan

Materi kegiatan pada hari pertama mengenai tantangan bidan dalam Layanan Kesehatan Masyarakat di Era Digital dan pengenalan Teknologi Augmented Reality (AR), yang dibawakan oleh tim pengabdian dari Unimerz dan Unhas.

Pada hari kedua materi mengenai Micro Skill (Keterampilan) Dan Tahapan Dalam Konseling Dan simulasi desain media edukasi dengan Teknologi Augmented Reality (AR).

Materi hari kedua dipandu oleh mahasiswa dari prodi Ilmu komputer.
Tahapan ketiga adalah pelaksanaan evaluasi pelaksanaan kegiatan melalui postes, Rencana tindak lanjut kegiatan (RTL) dan monitoring pelaksanaan edukasi di fasilitas Kesehatan oleh bidan yang telah mengikuti kegiatan pelatihan.

Menurut Ketua Tim, Dr Jumrah kegiatan ini dilakukan dalam Upaya peningkatan kemampuan bidan dalam melakukan edukasi di fasilitas layananan kesehatan.

Dengan adanya perkembangan teknologi, media edukasi juga harus berkembang. Tidak hanya menggunakan media berbasis paper seperti leaflet, poster dan modul tetapi juga dapat menggunakan media berbasis digital.

Pada hari pertama metode pelaksanaan kegiatan menggunakan ceramah dan diskusi. Sementara pada hari kedua lebih kepada demontrasi dan simulasi langsung bagaimana mendesain media edukasi dengan menggunakan Assemblr edu.

Hal ini diharapkan agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan baik yang luring maupun yang online dapat melakukan desain media ini. Seluruh Tim pengabdian masyarakat mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini terutama kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemenristek Dikti yang telah memberikan bantuan dana hibah pengabdian sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

  • Bagikan