Tim Dosen Unimerz dan Unhas Kolaborasi dengan PD IBI Provinsi Sulsel dalam Pelatihan Media Edukasi Berbasis Augmented Reality

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tim dosen Universitas Megarezky dan Unhas berkolaborasi dengan Pengurus Daerah (PD) IBI Provinsi Sulawesi Selatan, untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada bidan di Sulawesi Selatan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas bidan dalam memberikan edukasi di lingkup pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak.

Kegiatan dengan judul “Pendampingan Bidan melalui Pelatihan Pembuatan Perangkat Edukasi dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality dalam Peningkatan Kemampuan Menggunakan Teknologi dan Teknik Edukasi untuk Kualitas Layanan Kebidanan” yang merupakan ruang lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM).

Kegiatan ini dilakukan oleh tim pengabdi yang terdiri dari ketua tim Dr Jumrah, (Dosen Kebidanan Unimerz), dengan anggota 2 dosen yaitu Prof Stang (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas), dan Muh Ikhsan Amar, (Dosen Ilmu Komputer Unimer).

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari prodi Ilmu Komputer sebagai bentuk implementasi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).
Selain itu, kegiatan ini menggandengn PD IBI Provinsi Sulsel sebagai mitra yang diketuai Suriani B.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 2 bulan yang terdiri dari beberapa tahapan kegiatan pelaksanaan.
Tahapan pertama dilakukan koordinasi dengan pihak Mitra PD IBI Provinsi Sulawesi Selatan, dan selanjutnya dengan pihak Pengurus Cabang (PC) 24 Kabupaten/Kota untuk peserta yang akan terlibat.

Tahapan kedua yaitu pelaksanaan kegiatan pelatihan pada tanggal 28-29 Juli 2023 yang dilaksanakan secara hybrid. Peserta yang mengikuti secara luring yaitu sebanyak 40 peserta yang bertempat di secretariat PD IBI Provinsi Sulsel dan yang mengikuti secara luring sebanyak 260 peserta.

  • Bagikan