Bersama Pemkab Lutim, PT Vale Kembangkan Program PPM melalui KKN Tematik Unhas

  • Bagikan

Selama kunjungan di Nursery, mereka mendapatkan penjelasan mengenai proses pertambangan berkelanjutan yang dijalankan oleh PT Vale. Mulai dari penambangan, kemudian melakukan reklamasi, hingga rehabilitasi lahan dan revegetasi.

Menurut seorang peserta KKNT, pernyataan tentang PT Vale tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan, ternyata tidak benar adanya. "Ternyata PT Vale tidak hanya melakukan reboisasi di wilayah bekas tambanganya, tetapi juga melakukan reboisasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) di 13 kabupaten se-Sulsel," ujar salah satu mahasiswa KKN Posko Matompi, Ima Kharisma.

Ima juga mengaku takjub karena PT Vale mampu memproduksi sendiri bibit pohon. "Seluruh bibit pohon yang ditanam oleh PT Vale, semuanya diambil dari Nursery yang ditanam dan dirawat sendiri," jelasnya.

Peserta KKN Posko Matompi tersebut juga memuji program PPM PT Vale, yang dianggapnya sangat detail dan bersentuhan langsung dengan masyarakat bahkan kelompok disabilitas. Seperti program di desa yang ditempatinya, yakni Desa Matompi, PT Vale membantu Kelompok Pemuda Woliko membuat peternakan ayam kampung organik, dengan ketua kelompok yang juga penyandang "different abilities".

"Kami sangat bahagia bisa dilibatkan dalam program ini, karena bisa bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.

Selama menjalani KKN di Desa Matompi, Ima dan temannya sangat serius memberikan pendampingan kepada Kelompok Pemuda Woliko mengembangkan usaha peternakan. Pendampingan mereka awali dengan observasi, kemudian memetakan masalah, dan menawarkan solusi untuk permasalah yang dihadapi.

  • Bagikan