Bersama Pemkab Lutim, PT Vale Kembangkan Program PPM melalui KKN Tematik Unhas

  • Bagikan

Sementara itu, menurut Koordinator KKNT sektor Luwu Timur, Syarifuddin, model kolaborasi PT Vale dengan Unhas ini saling melengkapi.

"Dari sisi kampus kami memiliki sumber daya, yaitu mahasiswa dengan pengetahuannya, dan PT Vale memiliki program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Melalui program tersebut mahasiswa mengaplikasikan teori yang didapatkan di kampus agar bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Koordinator DPK KKN Tematik Unhas ini juga memuji program PPM PT Vale. Menurutnya, program-program perseroan sangat bagus karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan dampaknya dapat langsung dirasakan.

"PPM ini sangat bagus berbeda dengan program perusahaan lainnya. Apalagi PT Vale melibatkan disabilitas dalam menjalankan program ini, Hal itu merupakan praktik nyata nilai-nilai inklusi sosial. Artinya, PT Vale sadar bahwa semua orang berhak atau memiliki kesempatan yang sama, dan Unhas siap membantu apa yang dibutuhkan oleh PT Vale," jelasnya.

Mahasiswa KKNT Unhas Mendapat Perspektif Baru tentang Pertambangan PT Vale

Mahasiswa KKNT Unhas mengaku terkesan dengan program PT Vale terkait lingkungan dan sosial yang dijalankan selama ini. Bahkan, PT Vale dianggap berhasil mengubah stigma mahasiswa Unhas mengenai perusahaan pertambangan yang hanya merusak lingkungan.

Stigma tersebut terbantahkan, khususnya setelah mereka mengunjungi pusat persemaian (Nursery) PT Vale seluas 2,5 Ha berkapasitas 750 ribu bibit per tahun. Pusat persemaian ini telah terintegrasi menjadi Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Sawerigading Wallacea.

  • Bagikan