Bersama Pemkab Lutim, PT Vale Kembangkan Program PPM melalui KKN Tematik Unhas

  • Bagikan

Menurut Endra Kusuma, keterlibatan dan partisipasi dari mahasiswa Unhas melalui KKN Tematik merupakan bagian dari kolaborasi pentahelix. Model pentahelix adalah sinergi dari lima pemangku kepentingan, yakni bisnis atau perusahaan, pemerintah, komunitas, media, dan akademia. Melalui pendekatan pentahelix, PT Vale berharap pembangunan perdesaan menjadi semakin optimal.

"Mahasiswa memiliki ilmu dan teori, sehingga kita merasa perlu menjembatani mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuannya. Kita harapkan mereka dapat menghadirkan inovasi dan terobosan yang dapat memajukan program pembangunan di desa. Hal itu kita dorong sehingga selama KKN, salah satu prioritas mereka adalah menyasar program PPM-PKPM" jelasnya.

Endra Kusuma mengapresiasi hasil kerja mahasiswa KKNT UNHAS yang dipaparkan pada kegiatan FGD dan Evaluasi ini. Dari kurang lebih 104 program kerja yang digagas oleh peserta KKN, 48 diantaranya berkontribusi langSung pada perbaikan program PPM.

"Kita lihat dari paparan mahasiswa luar biasa ide kreatifnya. Juga ada masukan-masukan yang lebih spesifik bisa membantu pengembangan usaha masyarakat seperti peternakan, pertanian, hingga pengolahan sampah organik," paparnya.

Selain itu, Endra Kusuma juga menyampaikan, pesan-pesan motivasi bagi mahasiwa. "Dunia kerja merupakan dunia yang sangat dinamis penuh tantangan. Ada tiga hal yang perlu diperkuat semasa menuntut ilmu di perguruan tinggi, yaitu pengetahuan, keterampilan dan paling penting adalah attitude atau sikap" tegasnya.

"Prinsip perusahan yakni, hire attitude, train knowledge and skill. Keterampilan dan pengetahuan bisa dilatih, tetapi attitude adalah komponen yang penting dalam membentuk karakter. Sementara karakter yang baik itu yang perusahaan butuhkan.

  • Bagikan