Bupati ASA Pacu Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Sektor Pertanian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai terus berupaya mendorong kemajuan daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program strategis di berbagai sektor.

Khusus di sektor pertanian yang dinilai memiliki pengaruh siginfikan dalan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berbagai program unggulan telah direalisasikan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Kamaruddin mengatakan, selain pemberian alat mesin pertanian (Alsintan) yang sudah melampaui target, berbagai program lainnya terus dipacu hingga diakhir kepemimpinannya saat ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Sinjai.

Seperti pembangunan atau perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) dengan target 20 km/tahun, saat ini sudah tercapai 85,41 km atau 85 % dan ditargetkan tercapai 100 % diakhir tahun 2023 ini melalui dana alokasi khusus (DAK).

Bantuan bibit pohon saat ini telah terealisasi 1.573.842 bibit pohon dari target 50.000 pohon/tahun atau saat ini telah mencapai persentase 629 %, kemudian bantuan benih padi dari target 150 ton/ tahun kini sudah mencapai 635,5 ton.

Sedangkan program pendirian Badan Usaha Milik Petani (BUMP) saat ini juga telah terealisasi 35 unit dan tahun ini kembali akan didirikan 5 BUMP di beberapa desa di Kabupaten Sinjai.

Kamaruddin juga mengungkapkan bahwa khusus komoditi padi capaian produksi tahun 2022 sebanyak 45,57 kw/ha GKG atau 103.310 ton dari luas panen 22.650 ha.

  • Bagikan