Sekda Barru Rakornis Virtual Pengendalian Inflasi Bersama Presiden RI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Sekretaris Daerah Barru Dr. Ir. Abustan, M.Si beserta jajarannya mengikuti rapat koordinasi (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2023 secara virtual di Barru Smart Information Centre (Basic), Kamis (31/08/2023).

Rakornas pengendalian inflasi tahun 2023 diselenggarakan secara hybrid di Istana Negara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI. Tema Rakornas tersebut adalah "Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan".

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengendali inflasi baik di tingkat pusat maupun di daerah serta kepada para Gubernur, Bupati dan Wali Kota karena Inflasi sangat terkendali di angka 3,08 % di Juli 2023.

"Angka inflasi di Indonesia ini dinilai jauh lebih terkendali jika dibandingkan negara lainnya seperti Argentina yang mencapai 113 persen, Turki 47 peren, India 7,4 persen, Uni Eropa 5,3 persen, dan Amerika sebesar 3,2 persen" tuturnya

Presiden pada kesempatan tersebut meminta pemimpin daerah baik Gubernur, bupati, dan wali kota agar menggunakan anggaran daerahnya untuk mengintervensi pasar. Sehingga angka inflasi di daerah akan terkendali dengan baik dan akan menurun secara bertahap.

"Kalau harganya masih naik, saya minta Bulog, bapak ibu gubernur, Bupati, wali kota juga bisa menggunakan anggarannya untuk mengintervensi pasar. Dengan itulah kita harapkan inflasi kita akan terkendali dengan baik dan pelan-pelan akan turun, turun,” ujarnya.(*)

  • Bagikan